Senin, 08 Juli 2013

Penjelasan Concrete Noun

Penjelasan Concrete Noun - Noun atau yang biasa kita sebut kata benda merupakan salah satu unsur dalam pembentukan suatu kalimat,Marcella Frank menyebutkan bahwa noun merupakan sebuah central core atau unsur pembentuk utama,kita bisa bayangkan jika tidak ada noun,maka tidak ada kalimat.Noun bisa dibedakan menjadi dua bentuk berdasarkan bentuk atau wujudnya, pertama Concrete Noun dan yang kedua Abstract Noun.

Concrete Noun

Concrete Noun atau yang biasa disebut kata benda konkrit adalah kata benda yang berbentuk objek fisik yang keberadaanya bisa kita terima dengan panca idera kita, kita bisa sentuh, lihat, ataupun kita cium objek fisik tersebut. Dalam ilmu tata bahasa Inggris, grammar, terdapat empat jenis concrete noun yaitu proper noun, common noun dan material noun.

1. Proper noun 

Proper noun adalah kata benda yang tergolong concrete noun yang merupakan nama orang, tempat, benda, acara, penampakan alam dan lain-lain secara sepesifik. Proper noun memiliki ciri tertentu yang membedakanya dengan concrete noun yang lain yaitu penggunaan huruf kapital disetiap huruf pertama pada penulisan proper noun.

Jenis-jenis proper noun:

1. Nama orang : Mrs. Smith, Mr. Bean, Ahmad Fathoni dan lain-lain.
2. Nama agama : Islam, Buddha, Hindu, Christian, Protestant, dan lain-lain.
3. Nama hari libur : Thanksgiving, Ester, dan lain-lain.
4. Nama kebangsaan : Indonesian, British, American, dan lain-lain.
5. Nama waktu : January, March, Sunday, Monday, dan lain-lain.
6. Nama penampakan geograpi :
  • Nama negara, seperti : Indonesia, America, Netherlands, dan lain-lain.
  • Nama kota, seperti : Jakarta, New York, London, Perth, dan lain-lain.
  • Nama sungai, seperti : Neel, Amazon, Musi, dan lain-lain.
  • Nama gunung, seperti : Everest, Himalaya, Merapi, dan lain-lain.
  • Nama pulau, seperti : Madagascar, Kalimantan, Bali, dan lain-lain.
  • Dan nama-nama penampakan geografi yang lain seperti nama gua, airterjun, jurang, laut, samudera, hutan, padang pasir, planet, selat, dan lain sebagainya.
2. Common noun 

Common noun adalah salah satu jenis dari concrete noun yang merupakan nama benda dari selain dari proper noun atau juga bisa disebut kata benda umum yang ada disekitar kita. Jika disetiap huruf awalan di proper noun diawali dengan huruf kapital, maka hal tersebut tidak berlaku di common noun. contoh common noun seperti : chair, pen, book, glass, plate dan benda-benda umum lain disekeliling kita.

3. Material noun 

Material noun adalah jenis abstrak noun yang terakhir yang merupakan nama dari sumberdaya alam yang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Seperti halnya common noun, material noun juga tidak menggunakan huruf kapital pada huruf pertamnya. contoh material noun seperti: gold, wood, silver, petrol dan lain sebagainya. 

DOWNLOAD E-BOOK BELAJAR BAHASA INGGRIS


Tidak ada komentar:

Posting Komentar