Senin, 08 Juli 2013

Menulis Invitation Letter (Surat Undangan Bahasa Inggris)

Menulis Invitation Letter (Surat Undangan Bahasa Inggris) - Sebuh surat undangan (Invitation Letter) memiliki tujuan mengundang seorang tamu ke sebuah perst, acara atau perayaan yang menympaikan lebih banyak informasi dari pada sebuah kartu undangan tradisional. Surat undangan menhadirkan dua tujuan; satu, untuk mengundang seseorang kesebuah acara dan dua, untuk memastikan bawah orang yang menerima surat akan datang.

Terdapat dua tenses (bentuk waktu) dalam menggunakan surat undangan, present tense (waktu sekarang) dan future tense (waktu yang akan datang). Present tense(waktu sekarang) digunakan untuk menyampaikan informasi tentang acaranya dan future tense (waktu yang akan datang) diguankan untuk memastikan tamu bahwa dia akan hadir atau datang.


Terdapat dua jenis surat undanga bahasa Inggris; surat undangan bisnis (business invitation letter) dan surat undangan teman (friendly invitiation letter).


Business invitation letter (surat undangan bisnis)

 
Sebuah surat undangan adalah cara formal atau resmi untuk mengundang kawan dan klien yang akan diundang oleh sebuah perusahaan atau instansi. Sebuah surat undangan juga adalah satu dari banyak cara populer dalam mengundang tamu acara. Undangan yang professional harus ditulis dalam bentuk formal atau resmi.

Bagain awal dari sebuah surat invitation adalah indtroduction (pengenalan), dalam bagian ini pengirim mengenelakan diri mereka, begitu juga organisasi atau perusahaan yang diwakilakan. Latarbelakang individu atau organisasi atau peruasahaan yang simpel sudah cukup.


Selanjutnya adalah bagian body atau isi surat, bagian ini penting untuk menyampaikan informasi tentang acara tersebut. Tanggal dan waktu harus dimasukkan begitu juga tema dan tujuan acara. Pada bagian ini, tanggal harus disebutkan dimana tamu harus menjawab undangan tersebut. Dan juga berisi informasi-informasi mengenai apa yang harus dilakukan oleh tamu undangan di acara tersebut, pakaian dan benda-benda yang harus dibawa oleh tamu undangan tersebut pada acara teresebut.


Pada baigan selanjutnya, harapan untuk tamu undangan agar bisa hadir harus ditunjukan. Bagian ini harus ditulis menggunakan bahasa formal atau resmi. Biasanya penulis undangan menyebutkan bahwa tamu udangan yang diundang sangat cocok atau penting dalam acara tersebut. Tulis juga bahwa penulis sangat mengaharpkan kehadiran tamu undangan.

Akhiri surat undagan tersebut dengan salutation (salam penutup) dan tanda tangan serta nama penulis surat.

Friendly Invitation Letter (Surat undang untuk teman)

Sebuah surat undangan untuk teman (friendly invitaion letter) sebenarnya sama dengan surat undangan bisnis (business invitation letter) tetapi bahasa yang digunakan tidak resmi dan  dalam friendly invitiation letter perbedaan begitu tersasa ketika kenangan yang mungkin dibagikan kepada tamu undangan yang diundang ke acara tersebut.

Friendly invititon letter digunakan untuk berbagai acara keluarga seperti pesta tunangan, perst pernikahan, housewarming dan baby showers.

Surat undangan digunakan sebagai alternatif dari pada kartu undangan tradisional. Surat undangan memungkinkan tuan rumah atau penulis menyampaikan pesan yang berbeda melalui surat. Surat undangan juga memungkinkna tuan ruamh atau penulis untuk menyampiakan informasi tambahan yang tidak dibagikan melalui kartu undangan tradisional. Kenangan dapat dibagikan dengan teman dekat atau anggota keluarga yang lain yang membawa kenangan di masa lampau.

Kentika akan mengirim sebuah surat undangan, pastikan untuk mengedit surat tersebut, pastikan juga tidak terdapat punctuation (tanda baca), grammar dan pengucapan yang salah sebelum surat tersebut terkirim ke undangan yang penting.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar