Senin, 08 Juli 2013

Belajar Grammar dari Dasar

Belajar Grammar dari Dasar - Kata orang, belajar itu baiknya dari dasar. Buat struktur fondasi ilmu dasar yang kuat sebelum menambahkan bangunan ilmu lanjutan di atasnya. Nah kalau belajar grammar, ilmu dasar yang harus dikuasai apa dong???

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, saya mencoba menelaah pendapat Michele Swan mengenai grammar. Beliau berpendapat dalam bukunya Practical English Usage (2005:xix) bahwa 'Grammar is the rules that show how words are combined, arranged, changed to show certain kinds of meaning.'

Jadi grammar adalah aturan yang menunjukkan bagaimana kata-kata dikombinasi, disusun, dan dirubah untuk menunjukkan beberapa jenis makna. Saya tertarik dengan ungkapan '...how words are combined, arranged, changed...'. Terus saya berfikir, bagaimana kita bisa mengkombinasikan, menyusun, dan mengubah kata-kata jika kita sendiri belum tahu jenis kata yang akan kita kombinasi, susun dan ubah.

Belajar Grammar Baiknya Dimulai Dari Dasar


Untuk memahami jenis kata, kita harus paham betul tentang pembagian kata dalam bahasa Inggris. Kita akan memperolehnya jika kita belajar materi Parts of Speech yang mana terdiri dari 8 jenis kata; Nouns, Verbs, Pronouns, Adjectives, Adverbs, Prepositions, Conjunctions, and Interjection. Ketika kita sudah tahu baik fungsi, posisi, kombinasi, susunan dan perubahan dari ke-8 Parts of Speech tadi, kita baru akan memulai untuk belajar menyusun kata.

Untuk itu Belajar Bahasa Inggris akan mencoba untuk menyajikan urutan belajar grammar dari dasar. Yang dimulai dari:

1. Parts of Speech
  • Nouns
  • - Proper Nouns
    - Concrete Nouns
    - Abstract Nouns
    - Countable and Uncountable Nouns
    - Collective Nouns
    - Singular and Plural Nouns
    - Form of Nouns
    - Position of Nouns

  • Pronouns
  • Verbs
  • Adjectives
  • Adverbs
  • Prepositions
  • Conjunctions
*References:
1. Frank, Marcella. 1972. Modern English : A Practical Prefernce Guide. Prentice-Hall, Inc : New Jersey.

DOWNLOAD E-BOOK BELAJAR BAHASA INGGRIS 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar